Matakuliah Editing mencakup uraian dan pembahasan tentang pengertian dan ruang lingkup penyuntingan Bahasa Indonesia, aplikasi penyuntingan huruf dan tanda baca, kata dan pilihan kata, kalimat dan tali-temalinya, serta paragraf dan tali-temalinya.

Dengan mengikuti matakuliah ini, mahasiswa akan mengetahui secara jelas cara-cara menyunting naskah berbahasa Indonesia dengan baik dan benar sesuai dengan pedoman EYD dan tatabahasa Indonesia, serta dapat menjadi penyunting naskah yang bertanggungjawab sesuai dengan kriteria standar. Matakuliah ini merupakan matakuliah lanjutan yang boleh ditawarkan mahasiswa apabila telah menawarkan matakuliah Linguistik Umum, Fonologi, Morfologi, Sintaksis, dan Semantik.


Mata kuliah ini bertujuan menjadikan mahasiswa berkompeten dalam mengkaji sistem sintaksis bahasa Indonesia Materi yang akan dipelajari mencakup konsep dasar sintaksis serta komponen-komponen pembentuk sintaksis, frase dan klausa sebagai unsur pembangun kalimat, pengertian kalimat, penggolongan kalimat, dan pembentukan kalimat dalam bahasa Indonesia

Drama merupakan bagian dari genre sastra sekaligus sebagai material pembelajaran pada berbagai tingkatan satuan pendidikan. Perkembangan drama yang semakin meluas pada era sekarang ini memberikan tantangan bagi calon guru untuk mempelajari dan menerapkan konsep-konsep drama dalam pembelajaran untuk meningkatkan apresiasi drama untuk berbagai tujuan. Materi perkuliahan yang akan dibahas secara berurutan, meliputi; pengertian drama/teater, sejarah drama, konsepsi drama, klasifikasi drama, struktur drama, teknik penyutradaraan dan peran, perlengkapan pementasan serta dimensi drama. Pada ranah praktik, mahasiswa akan melakukan latihan menyutradarai, mementaskan, dan mengajarkan drama. Pengalaman konteks pementasan dan penyutradaraan dilakukan dengan cara menonton pertunjukan drama (baik secara langsung maupun melalui wahana audio/visual), membahasnya di kelas, dan berdialog seputar apresiasi drama dengan pemain drama. Sebagai prasyarat kelulusan, mahasiswa secara berkelompok akan mementaskan drama dan menampilkan model pembelajaran drama, sebelum pelaksanaan ujian akhir.

Mata kuliah ini bertujuan menjadikan mahasiswa berkompeten dalam mengkaji bahasa melalui keterampilan membaca sebagai bagian dari sarana pengembangan profesi di bidang pendidikan bahasa Indonesia. Materi yang akan dipelajari mencakup ; konsep keterampilan berbahasa, tujuan dan aspek serta tahap perkembangan membaca, membaca nyaring, membaca dalam hati, membaca telaah isi, membaca talaah bahasa.

Mata kuliah ini membahas pengertian puisi, sifat-sifat puisi, jenis-jenis puisi, aspek sosial dan sejarah puisi Indonesia, struktur fisik dan struktur  batin puisi, berbagai metode analisis puisi, serta praktik penciptaan dan pembacaan puisi.