Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa diharapkan menguasai konsep dasar dan tujuan bimbingan konseling pribadi; hubungan bimbingan konseling pribadi dengan bimbingan konseling sosial, bimbingan konseling belajar dan bimbingan konseling karir; kebutuhan siswa terhadap layanan bimbingan konseling pribadi; landasan hidup religius; landasan perilaku etik; kematangan emosi; kematangan intelektual; kesadaran tanggung jawab sosial; kesadaran gender; pengembangan pribadi; perilaku kewirausahaan (kemandirian perilaku ekonomis); kematangan hubungan dengan teman sebaya; kesiapan diri untuk menikah dan berkeluarga.

Mahasiswa mempelajari permasalahan seputar evaluasi program bimbingan dan konseling, arti penting evaluasi dalam untuk kerja profesi konselor, posisi layanan dasar dalam program BK komprehensif, konsep dasar evaluasi, objek evaluasi program BK, perkembangan model evaluasi program BK, model evaluasi program BK dan akuntabilitas bimbingan dan konseling. Mahasiswa dilatih mengevaluasi program bimbingan dan konseling, meliputi: evaluasi program BK, evaluasi proses BK, evaluasi hasil BK dan melakukan prosedur evaluasi layanan dasar berorientasi akuntabilitas. Perkuliahan diakhiri dengan membuat laporan hasil evaluasi yang berkaitan dengan bimbingan konseling.
Mahasiswa mampu memahani kompetensi yang diharapkan, stryktur perkuliahan, tugas dan kontrak belajar